Mengatasi Masalah File EXE Yang Tidak Bisa Dijalankan

Barangkali anda pernah mengalami masalah membuka program aplikasi pada windows, semisal microsoft office(word, exel, power point, dll) atau program aplikasi lainnya. Penyebabnya bisa karena pernah terinfeksi virus dan setelah virus dibersihkan muncul masalah tersebut.

Semua atau sebagian besar file EXE windows tidak bisa dijalankan, ketika dijalankan selalu muncul “Open With…”, lalu bagaimana solusinya..........?, Untuk memperbaikinya bisa dicoba beberapa trik berikut:

1. Cek Pengaturan daftar File Types

Dari Windows Explorer buka Tools > Folder Options kemudian pilih tab File Types kemudian klik tombol New dan di bagian File Extention isikan EXE, kemudian klik tombol Advanced dan pilih Application kemudian klik OK. Jika muncul tombol Restore, maka klik saja. 2.Menggunakan fasilitas System Restore

Jika fasilitas Restore Point aktif, maka dengan mengembalikan kondisi windows ke kondisi sebelumnya biasanya bisa memperbaiki permasalahan ini. Hanya saja kadang fasilitas ini tidak diaktifkan karena saat ini fasilitas tersebut sering menjadi sarang virus. Selain itu program-program atau aplikasi yang di install sesudah tanggal Restore Point, biasanya tidak bisa dijalankan lagi (alias harus di install ulang). Untuk mengakses restore Point, dari Start Menu buka All Programs >> Accessories >> System Tools pilih System Restore.

3. Gunakan Registry Fix

Jika ternyata registry-nya yang rusak, maka bisa digunakan salah satu registry fix berikut ( jika satu tidak berhasil, coba yang lainnya):
  • Tipe .REG, download disini (Memperbaiki assosiasi file EXE)
  • Tipe .COM, download disini (Memperbaiki assosiasi file EXE)
  • Tipe .BAT, download disini (Untuk mengembalikan Assosiasi file-file di windows Xp ke kondisihttp://www.blogger.com/img/blank.gif default/awal).
4. Gunakan avast! Virus Cleaner

Melihat penjelasan di situsnya, tools ini juga bisa mendeteksi jika ada assosiasi file penting yang rusak, maka akan diperbaiki. Selain itu, tools ini juga akan melakukan scan virus-virus populer yang sering menginfeksi komputer. Karena file ini bertipe EXE, kemungkinan juga tidak bisa dijalankan di windows dengan permasalahan seperti diatas. Alternatifnya, rename file ini dengan tipe file lainnya, misalnya : .COM, .SCR, .CMD atau bisa juga dicoba dengan .BAT atau .PIF

Download disini Avas! virus Cleaner

Semoga bermanfaat............................!

Digg Google Bookmarks reddit Technorati Twitter DesignFloat Delicious BlinkList Furl Google Plus Facebook

1 comments: on "Mengatasi Masalah File EXE Yang Tidak Bisa Dijalankan"

Unknown said...

akan dicoba gan karena banyak file exe yang sering seperti ini.

Bagi agan yang berminat belajar komputer administrasi bisnis bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/komputer-aplikasi-bisnis-dan-administrasi-perkantoran.html

Post a Comment